MuslimPergi hadir dengan aplikasi travel umroh paling mutakhir di tahun 2020, layanan yang kami berikan mulai panduan manasik, radio transmitter, tracking jamaah, cek jadwal, cek kursi kosong dan sebagainya. Segera instal MuslimPergi sekarang juga! MuslimPergi senantiasa memberikan kemudahan bagi para jamaah, agen dan biro travel umroh serta haji. 

Bepergian merupakan kegiatan asyik yang membuat Anda bisa menjelajah banyak tempat. Lantas, sudah seberapa seringkah Anda melakukan bepergian dan mengawalinya dengan doa? Doa bepergian sejatinya sangat penting untuk mengawali kegiatan tersebut demi mengharapkan keberkahan dari Allah. 


Mengawali bepergian dengan berdoa tentu akan terasa lebih afdhol dibandingkan langsung melakukan perjalanan begitu saja. Di samping itu, bepergian juga bisa banyak mendatangkan manfaat baik. Manfaat tersebut bukan hanya untuk kesehatan jiwa saja melainkan juga raga Anda. 

Apa Saja Manfaat Bepergian?

Bepergian hanya membuang uang? Tidak. Justru ada begitu banyak manfaat yang bisa Anda peroleh dari bepergian. Akan tetapi, jangan lupa untuk melafaldzkan doa bepergian terlebih dahulu sebelum mulai beranjak pergi. Lalu, seperti apa saja manfaat bepergian?

1.     Menghilangkan rasa gelisah

Bepergian ternyata ampuh untuk melenyapkan perasaan gelisah. Penat dan kegundahan akan hilang saat Anda melakukan perjalanan ke suatu tempat. Bahkan Rasulullah SAW juga menganjurkan umatnya guna melakukan kegiatan bepergian. 

2.     Memperoleh ilmu

Saat melakukan suatu perjalanan, pasti Anda akan bertemu dengan satu atau lebih orang. Tentunya Anda akan terlibat dalam obrolan. Melalui aktivitas tersebut, maka secara tidak disadari Anda akan ikut bertukar ide dan opini terkait pembahasan yang dibicarakan. Akan ada banyak ilmu yang bisa Anda petik. 

3.     Memaknai hidup

Ketika sedang melakukan perjalanan, maka disadari atau tidak Anda juga akan bisa memaknai hidup. Anda tidak akan bisa menyangkal bahwa hidup adalah perjalanan. Dunia hanyalah hal yang sementara atau sebuah persinggahan yang tidak akan membuat Anda menetap. 

4.     Menambah pengetahuan terkait etika 

Saat Anda memutuskan pergi ke suatu tempat, maka itu berarti bahwa Anda siap menerima segala kultur yang ada. Tiap tempat tentu mempunyai kultur dan etika tersendiri yang berbeda dengan tempat-tempat lain. Dengan kata lain, bepergian akan mampu menambah pengetahuan terkait etika. 

5.     Mengakrabkan jalinan pertemanan

Bepergian akan menjadikan jalinan pertemanan Anda kian luas. Melakukan perjalanan atau bepergian akan memberikan sebuah kesempatan bagi diri Anda guna memambah koneksi pertemanan dengan sebuah pertemuan. Hal ini akan sangat bagus terutama membentuk cara pikir yang terus terbuka. 

Aturan dan Doa Bepergian 

Penting dingat bahwa sebelum bepergian sebaiknya membaca doa terlebih dahulu. Dengan melafadzkan doa maka perjalanan Anda akan kian diberkahi dan diberi keselamatan oleh Allah. Jangan lupa untuk senantiasa berhati-hati dalam melakukan perjalanan. Lalu, seperti apa aturan bepergian yang baik? 

1.     Berdoa

Sebelum melakukan perjalanan, hal pertama yang perlu dilakukan ialah membaca doa. Berdoalah dengan harapan yang bagus agar Anda bisa terus selamat hingga kembali dari perjalanan tersebut ke rumah. Doa sebelum melakukan perjalanan juga sangat mudah seperti berikut:

Bismillahi tawakkaltu ‘alallahi laa haula wa laa quwwata illa billahil ‘aliyyil ‘adhim.

2.     Jangan bepergian seorang diri 

Usahakan tidak melakukan perjalanan seorang diri. Bahkan Rasulullah SAW juga menganjurkan hal ini. Bukan hanya bagi laki-laki saja, melainkan juga perempuan. Mudharat bepergian seorang diri jauh lebih besar ketimbang bepergian beramai-ramai. 

3.     Lantunkan dzikir

Senantiasa lantunkan dzikir selama melakukan perjalanan. Hal ini dilakukan semata-mata hanya mengharapkan keselamatan. Ketimbang bengong dan melamun selama di jalan, ada baiknya dengan mengerjakan hal-hal baik seperti melakukan dzikir.